PISBUD: Reaksi Jurnalis dan Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nasional terhadap Pemakaian Baju Adat Suku Baduy oleh Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo baru-baru ini jadi sorotan usai mengenakan baju adat Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan di Gedung Parlemen Senayan Jakarta pada hari Selasa, 16 Agustus 2021. Namun, tidak sedikit masyarakat yang justru menghina dan mencemarkan baju suku Baduy di media sosial.

Redaksi Tirto.id angkat bicara setelah salah satu jurnalisnya, M. Bernie diduga melakukan ujaran rasis terhadap Suku Baduy sekaligus penghinaan ke Presiden Joko Widodo. Redaksi menganggap sikap itu tidak bisa ditoleransi. Cuitan M. Bernie sebelumnya ramai dikritik warganet karena membawa SARA. 

Pihak tirto: “Kami meminta maaf dan akan melakukan evaluasi internal. Persoalan ini juga menjadi pelajaran penting bagi kami untuk lebih berkomitmen memperbaiki kualitas jurnalis serta mengedepankan liputan-liputan yang membantu menegakkan keadilan bagi masyarakat adat.”

Bernie setelah cuitannya viral langsung membuat klarifikasi dan meminta maaf. “Saya sama sekali gak ada niat menghina suku baduy. Saya tahu, suku baduy memiliki tradisi dan kearifan yang sangat luhur. Tapi memang benar saya memiliki keprihatinan dan keresahan ttg warga baduy yang harus berjalan kaki ratusan kilometer kemudian menggelandang di Jakarta demi jualan madu hutan Rp100 ribu per botol. Sesuatu yang kemungkinan terjadi karena ruang hidup warga baduy semakin sempit.”

“Dengan demikian saya meminta maaf atas cuitan saya tersebut, khususnya kepada warga baduy. Saya mengakui kesalahan, dan akan belajar untuk lebih bijak dalam mengeluarkan pendapat soal masyarakat adat Nusantara.”

Barnie akui kesalahannya. Dia mengatakan, cuitan itu bersifat pribadi. Tidak membawa lembaga tempat dia bekerja. Adapun Bernie Kurniawan merupakan wartawan Tirto.ID. Dia juga mengundurkan diri dari pekerjaannya.

“Saya mengakui kesalahan, dan akan belajar untuk lebih bijak dalam mengeluarkan pendapat soal masyarakat adat Nusantara.

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara mengkritik Presiden Joko Widodo yang dinilai hanya mengenakan baju adat sebagai pembungkus, tapi tak melindungi dan menjamin hak-hak masyarakat adat. 

“Baju adat hanya pembungkus badan, tapi Indonesia dibuat sangat jauh dari paradigma pembangunan ala masyarakat adat. Very very superficial (sangat-sangat dangkal),” kata Sekretaris Jenderal AMAN Rukka Sombolinggi ketika dihubungi, Senin, 16 Agustus 2021.

Rukka mengatakan Presiden Jokowi juga belum memenuhi satu pun janji Nawacitanya untuk masyarakat adat. Rancangan Undang-Undang Masyarakat Adat, kata dia, hingga kini belum disahkan oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat. “Pakai baju adat tapi wilayah adat tetap dirampas dan UU Masyarakat Adat karatan di DPR,” kata Rukka.

Rukka menilai RUU Masyarakat Adat justru makin melemah di parlemen. Di sisi lain, pemerintah dan DPR malah mengesahkan revisi Undang-Undang Mineral dan Batu Bara serta UU Cipta Kerja yang merugikan masyarakat adat.

“Perampasan wilayah adat masih terus berlangsung. Penanganan corona dan vaksin susah diakses oleh masyarakat adat,” kata Rukka.

Cuitan jurnalis terhadap pemakaian baju adat Suku Baduy oleh Presiden Jokowi

REFERENSI:

CNN Indonesia., 2021. AMAN Kritik Jokowi Pakai Baju Badui: Cuma Bungkus Gula-gula. [online] nasional. Available at: <https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210816130904-20-680989/aman-kritik-jokowi-pakai-baju-badui-cuma-bungkus-gula-gula

Poskota.co.id. 2021. Koplak! Pria Ini Nekat Hina Jokowi saat Pakai Baju Adat Baduy: ‘Cocok Bawa Madu, Jongkok di Perempatan’ – poskota.co.id. [online] Available at: <https://poskota.co.id/2021/08/16/koplak-pria-ini-nekat-hina-jokowi-saat-pakai-baju-adat-baduy-cocok-bawa-madu-jongkok-di-perempatan?halaman=2

Tempo. 2021. Kritik Jokowi Pakai Baju Adat di Sidang Tahunan MPR, AMAN: Very Superficial. [online] Tempo. Available at: <https://nasional.tempo.co/read/1495016/kritik-jokowi-pakai-baju-adat-di-sidang-tahunan-mpr-aman-very-superficial/full&view=ok

VOI – Waktunya Merevolusi Pemberitaan. 2021. Viral Rasis ke Baduy, Sebut Jokowi ‘Cocok Bawa Madu dan Jongkok di Perempatan,’ Pria Ini Hengkang dari Tirto. [online] Available at: <https://voi.id/berita/76621/viral-rasis-ke-baduy-sebut-jokowi-cocok-bawa-madu-dan-jongkok-di-perempatan-pria-ini-hengkang-dari-tirto>